Kamis, 26 Januari 2023

Standup Indo Lampung kembali hadirkan komika berlabel nasional lewat event Stand Up Nite 5 Ujian Akhir Standup

Coba kita flashback sedikit, kapan tuh terakhir kita adain event besar seperti ini? Hmm pasti sudah pada lupa ya? Hehe gapapa kok, memang sejak pandemi beberapa tahun ini banyak aktivitas dan event event yang terhambat. Bukan cuma kami yang bergerak dalam ruang lingkup lokal seperti ini, bahkan event berskala nasional pun banyak yang terpaksa ditunda atau malah di cancel.

Tapi sekarang kami kembali lagi dong!!

Buat yang belum tau aja nih, jadi Stand Up Nite (SUN) ini tuh event besar komunitas. Bukan cuma di Lampung, tapi semua komunitas standup comedy se-Indonesia pun punya event besar ini. Yahh walaupun tidak punya jadwal pasti karena berbagai faktor berbeda di tiap daerah, tapi pada dasarnya event ini selalu jadi agenda besar komunitas standup comedy.

Gak terkecuali di Standupindo Lampung, setidaknya sejak 2013 kami berusaha mengadakan event besar ini setahun sekali. Terhitung kami sudah mengadakan 4 kali SUN, mulai dari yang pertama di tahun 2013, kemudian dilanjut SUN2 di tahun 2014, SUN3 di tahun 2015, dan yang terakhir kali SUN4 pada tahun 2017.

2016 kita sempet kosong event SUN karena di tahun itu sedikit terkendala regenerasi komika, makanya mesti ditunda sampai tahun 2017. Kemudian dari tahun 2018 sampai momen pandemi Covid-19, gak disangka-sangka dan gak diduga-duga, problema yang sama hampir di semua skena indie ini kembali terjadi. Jadinya terpaksa deh agenda SUN di Lampung mesti libur sekian lama.

Maklum, di Standupindo Lampung sendiri panggung SUN itu seperti proses wisuda bagi komika untuk terjun ke berbagai panggung. Ya bisa dibilang komika ini sudah bisa dibilang naik level dari status amatir ke profesional setelah tampil di panggung SUN. Makanya walaupun statusnya komika lokal, tapi kualitasnya gak bisa dipandang remeh.

Lucu? Ya jangan ditanya dong!

Bahkan komunitas ini menuntut kelucuan maksimal untuk komika yang akan tampil nanti hahahaha

Iya dong, karena bakalan tampil sepanggung dengan komima berlabel nasional jadi harus membuktikan dirinya layak!


Eh eh eh, kok ada nyebut komika nasional? Emang iya?

Jadi gini guys, selain komika lokal yang akan di "wisuda", dalam setiap SUN juga kita selalu menghadirkan komika nasional dong untuk kemeriahan acara. Pertama kali ada SUN kita mengundang Jui Purwoto, komika papan atas nasional yang sering wara-wiri di dunia pertelevisian nasional. Kemudian di SUN2 dengan tema Super Danger, komunitas mengundang Dodit Mulyanto yang saat itu jadi superstar dan sangat fenomenal pada masanya. Selain Mas Dodit, saat itu juga ada Newendi Septian, komika lokal yang statusnya naik jadi nasional setelah menggebrak panggung SUCI4 Kompas TV dan tentunya membuka jalan bagi komika lain di Lampung. Gak bisa dipungkiri, komika Lampung memang agak dipandang sebelah mata sebelum kiay Wendi berhasil tembus kompetisi standup terbesar di tv nasional saat itu. Jadi dengan status itu juga, kami memberikan kehormatan buat kiay kita semua itu dengan menjadikannya sebagai Guest Star level nasional. Dan dengan berbagai pengalamannya tentu saja penampilan beliau luar biasa pecah, bahkan sebagian besar penonton di sosmed masih terbuai dengan kelucuan acara ini setelah berminggu-minggu selesainya acara!

Fyi juga, SUN2 itu sampai sekarang masih jadi rekor kami dengan jumlah penonton terbanyak yaitu sekitar 700 orang!

Setahun kemudian, di 2013 kami kembali menggelar SUN3 dengan konsep yang lebih brutal. Dengan judul Paracomic Award, komika-komika lucu ini tampil dengan setelan formal ala-ala malam award. Lucu? Pasti dong!

Apalagi Guest Star nasional di SUN3 ada Awwe yang saat itu statusnya adalah Presiden Standupindo dan Bintang Bete yang sampai sekarang masih jadi komika dengan rekor LPM terbanyak!

SUN3 jadi momen gebrakan baru dengan penampilan grup BeGAL yang berisikan Newendi dan juga Fatih Andhika alias Ate yang di akhir tahun sebelumnya baru saja menggelar Special Show-nya sendiri.


Lanjut ke SUN4, nama Tapis diangkat untuk lebih membawa unsur lokal. Kombinasi komika lokal alumni SUN3 dan generasi terbaru di komunitas, serta 2 Guest Star nasional sukses memberikan kelucuan kepada penonton yang hadir. Ada yang inget gak nih siapa komika nasional yang mengisi panggung SUN4 dulu?

Yep! Di SUN4 lalu ada paman Coki Pardede yang sekarang jadi idola calon-calon penghuni neraka plus Indra Jegel sang jawara SUCI Kompas TV edisi sebelumnya. 


Terus min, SUN5 nanti siapa Guest Star-nya?

Weisss buru-buru amat sih? Komika lokalnya dulu nih, ada wajah-wajah baru tapi lama yang bakal menghadirkan tawa untuk kalian semua!

Semua komika lokal yang tampil di SUN5 kali ini tuh labelnya rising star lokal semua, sama kaya SUN2 dulu! Ada Almufid si ketua komunitas, dan duetnya kalo ngemsi si Sahat Kaban yang selalu jadi idola di setiap minishow lokal. Kemudian ada Ricky si idola kaum hawa yang udah dari tahun 2016 standup, dari jaman masih bujang sampai sekarang udah nikah, dari jaman masih miskin sampai sekarang masih miskin tapi udah nikah.

Masih ada juga bapak-bapak pekerja teman seangkatan Ricky, yaitu Yunas yang kemarin baru aja jadi juara 1 Ate Cup! Dari masih single sampai sekarang hampir punya anak 2, kisah hidupnya yang dibalut diksi-diksi lucu selalu berhasil jadi tumpuan Yunas untuk menghadirkan kelucuan bagi penonton. Yang terakhir, ada Agus komika double yatim yang pernah jadi tumpuan komunitas dengan julukan komika segala medan!

Secara statistik, semua komika lokal yang bakalan tampil ini udah gak perlu diragukan lagi kelucuannya. Berbagai pengalaman panggung kompetisi dan corporate sudah mereka cicipi. Eniwei, bukan nyicipin panggung secara harfiah ya. Eh, tapi gak tau kalo Ricky ...

"Yaudah min buruan siapa Guest Star nasionalnya?!!"

Iyeeeeeeeee sabaaaaaaarrr.

Nih komika kelas nasional yang bakal tampil di SUN5 nanti tuh ada Fatih Andhika.

Jangan dulu meremehkan, guys. Si Ate ini walaupun lahir bibit dan bakatnya dari Lampung, tapi kualitasnya udah jauh nasional. Sempat masuk 6 besar SUCA2 Indosiar, lanjut jadi juara 3 SUCI IX Kompas TV, sekarang beliau stay di Jakarta dengan karir yang gemilang.

Undangan talkshow dari Tonight Show, sampai Somasi Close the Door udah dijamah Ate. Jadi lu lu pada yang masih nganggep Ate sama aja komika lokal, coba main dulu yang jauh!

Kita aja disini mau ngundang dia buat jadi Guest Star SUN5 susah setengah mati nyocokin jadwalnya dengan kerjaan dia disana, bisa-bisanya lu anggep setara komika lokal. Apalagi dia sekarang menetap di ibukota, jadi walaupun mimin masih mau banget mengklaim Ate sebagai komika Lampung tapi ya susah juga soalnya kan disana juga dia udah dianggep komika ibukota karena kualitasnya yang memang luar biasa.


Selain Ate, Guest Star nasional satu lagi nih ada orang timur juara 2 Kompas TV. Siapa lagi kalau bukan Abdur Arsyad!




Jadi kalian masih meragukan kelucuan SUN5 Ujian Akhir Sekolah ini? Aduuuu mama sayangeeeeeeee

Udah lah gausah banyak mikir lagi karena kapasitas venue kita cuma bisa menampung 350 orang dan kuota tiket early birds kita udah abis terjual, jadi kalo masih nanti nanti yaudah say goodbye aja!

"Miiiinnn beli tiketnya dimana?"

Gak pake kamu nanya kamu nanya deh, langsung aja beli tiketnya disini. Langsung pilih kategori dan jumlah tiket trus langsung aja checkout sebelum kehabisan!

Kalo masih mau nanya nanya lagi urusan tiket dan konten acara SUN5 langsung ke Bu Vivi aja deh ya. Ini nih nomornya +6289503220522

Gasss tiketnya sekarang juga sebelum kehabisan.

Mprilili mprilili mprrlll

Viva la komtung!!

Ciao!

0 komentar:

Posting Komentar

TWITTER